Tulang : Pabrik untuk Memproduksi Darah

 Al-Qur’an Al-Karim mendahului sains ratusan tahun dalam menentukan pentingnya tulang pada manusia. Dalam surah Maryam, Nabi Zakariya berdoa kepada Rabbnya untuk memberinya keturunan terlepas dari fakta bahwa istrinya adalah wanita tua yang mandul dan tulangnya sudah lemah (karena tua). Alloh SWT berfirman dalam Al-Qur’an Al-Karim mengenai doa Nabi Zakariya:

          “Ia berkata ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada engkau, Ya Tuhanku.’ “ (QS. Maryam: 4)

Dalam ayat ini, Al-Qur’an merujuk kepada hubungan antara tulang dan fertilitas. Sains modern kini telah mengonfirmasi bahwa tulang memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan manusia. Tulang mengandung semua fosfor dan kalsium yang diperlukan tubuh, kemudian mengatur distribusinya dengan cara mengatur denyut jantung dan gerakan otot.

Selama masa hidupnya tulang secara terus menerus menghasilkan sel darah seperti leukosit dan eritrosit. Sains modern juga telah menentukan bahwa kondisi dari tulang memiliki pengaruh langsung terhadap sistem saraf. Karena itulah tulang berdampak langsung pada kemampuan seseorang untuk bereproduksi dan memiliki anak. Hal inilah yang dengan tepat disebutka oleh Al-Qur’an.

Tulang : Pabrik untuk Memproduksi Darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *