Muallaf Baduy

Suku baduy adalah suku yang bermukim di wilayah banten, Asal mula suku Baduy diyakini bermula ketika agama Islam mulai menyebar ke wilayah Banten. konon dikisahkan pada masa kerajaan sultan hasanudin ada sekelompok masyarakat yang melarikan diri dikarenakan tidak mau masuk Islam dan sekelompok masyarakat tersebut disebut dengan suku baduy.

Sedangkan muallaf baduy adalah orang-orang dari suku baduy yang masuk agama Islam, mereka rela diusir dari kampungnya demi mempertahankan akidah mereka. Saat ini mereka ada yang bertempat tinggal di lahan-lahan kosong milik warga dan ada yang bermukim di pesantren, masalah atau problema yang dialami mullaf baduy adalah tidak memiliki tempat tinggal yang tetap tidak punya lahan untuk bertani dan anak anak mereka jauh dari sentuhan pendidikan terutama pendidikan Islam pada normalnya. hal ini menjadikan mereka rawan akan pemurtadan.

Ada beberapa dari kalangan alim ulama yang sudah berkunjung sekaligus memberikan pembinaan kepada mereka, minimnya akidah, kurangnya sarana untuk menuntut ilmu syar’i, hal ini menjadikan YATAQU memutuskan untuk berkunjung dan memberikan bantuan berupa wakaf Al-Qur’an sebagai sarana dalam mempelajari dan memahami ayat-ayat Qur’an.

Alhamdulillah wa syukurillah YATAQU pada hari selasa tanggal 20 tahun 2018 diperkenankan dengan izin Alloh SWT untuk mendistribusikan wakaf Al-Qur’an bagi muallaf baduy, dan bukan itu saja YATAQUpun telah menyampaikan amanah dari donatur yang berupa titipan dana dan sembako.

YATAQU mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah memberikan sumbangsih dalam melancarkan dan membantu program YATAQU. Semoga sodakoh dan infak yang donatur berikan diganti dengan sebaik baiknya balasan dan pahala.

Muallaf Baduy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *