Fakta Menarik tentang Tubuh Manusia

Dalam setiap kehidupan manusia terdapat tanda-tanda mukjizat yang menunjukkan kekuasaan Alloh SWT. Salah satu dari tanda itu adalah tubuh kita. Terdapat sekitar 300.000 utas rambut di kepala manusia. Tiap utas memiliki pangkal, pembuluh darah, otot, syaraf, dan kelenjar keringat.

Terdapat sepuluh lapisan di retikulum mata. Lapisan ini terdiri dari 140 juta reseptor cahaya, sel batang, dan sel kerucut. Sebuah syaraf optik memiliki lima ratus ribu neurofibril yang keluar dari mata menuju otak.

Di dalam telinga juga terdapat sesuatu yang tampak seperti retikulum mata. Terdapat 3000 sel aural untuk mengirim suara yang paling halus sekalipun ke otak. Ada sistem di otak yang mngukur perbedaan kronologis dari tibanya suara ke tiap telinga. Proses pengukuran ini memerlukan waktu kurang dari 1/1600 detik, dan memberitahu manusia dari sisi mana suara itu datang.

Di permukaan lidah, terdapat 9000 sel sel pengecap (gustatory) yang mengidentifikasi rasa manis, asam, pahit, asin. Tiap huruf yang diucapkan dengan bantuan lidah menggunakan tuju belas otot.

Dalam usia rata-rata manusia, jantung memompa darah yang dapat mengisi penuh gedung pencakar langit yang paling tinggi di dunia. Terdapat 14 milyar sel kortikal dan 100 milyar sel sustensasi yang fungsinya belum diketahui. Faktanya, otak manusia adalah bagian yang paling kompleks dalam tubuhnya.

Di dalam dinding perut terdapat milyaran sel yang mensekresikan berliter-liter asam hidrolik dalam satu hari. Para ilmuwan telah bekerja keras dalam memecahkan teka-teki ini: kenapa lambung tidak mencerna dirinya sendiri? Bukankah perut itu sendiri merupakan suatu mukjizat?

Di dalam usus, terdapat 300.000 jonjot usus untuk penyerapan makanan setiap 1 cm2. Jonjot-jonjot ini diperbaharui setiap 48 jam.

Di bawah permukaan kulit, terdapat 16 juta ‘air conditioner’ untuk mengatur suhu tubuh, yang disebut kelenjar respiratori.

Di dalam hati, terdapat tiga milyar sel yang diperbaharui total setiap empat bulan. Hati memiliki banyak fungsi yang penting sekaligus menakjubkan. Tak ada seorang pun yang dapat hidup tanpa hatinya lebih dari tiga jam.

Pada kedua ginjal, terdapat satu juta unit pembersih yang panjang terkombinasinya mencapai 100 km. Darah mengalir melalui ginjal lima kali sehari.

Semua itu adalah sedikit fakta mengenai tubuh kita yang menganggumkan. Fakta itu telah diterima dan tidak dapat disanggah. Fakta itu telah digunakan oleh para dokter selama berabad-abad. Alloh SWT berfirman:

“dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka Apakah kamu tidak memperhatikan?” (Q.S. Adz-dzariyat:21)

Fakta Menarik tentang Tubuh Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *